11 Tips Untuk Fotografer Pemula

Untuk fotografer pemula yang ingin belajar lebih lanjut untuk menjadi fotografer profesional, ada beberapa tips yang perlu dicoba sebagai berikut:
1. Jangan langsung membeli kamera yang mahal
Foto yang bagus tidak harus menggunakan kamera yang mahal, dengan kamera poket pun bisa menghasilkan foto yang bagus. Semuanya tergantung kepada seberapa sering Anda memotret, semakin sering memotret maka semakin tahu tentang jenis kamera apa yang Anda butuhkan.

2. Pertimbangkan menggunakan Tripod
Jika Anda memiliki tangan yang tidak kuat atau gemetar pada saat memegang kamera, sebaiknya Anda menggunakan Tripod untuk menjaga kestabilan kamera selama mengambil gambar.

3. Selalu bawa kamera Anda
Momen yang penting sering datang pada saat-saat yang tidak disangka, jika Anda selalu membawa peralatan kamera yang sederhana (cukup tas kecil kamera dan tripod saja) maka Anda tidak akan melewatkan momen penting tersebut untuk diabadikan.

4. Buat daftar objek foto yang Anda inginkan
Pada saat Anda sedang tidak membawa kamera, simpan catatan kecil untuk menuliskan tempat-tempat yang akan Anda tuju kembali untuk diabadikan. Pastikan untuk mencatat setiap detail penting pemotretatan seperti pencahayaan, sehingga Anda dapat kembali pada waktu yang sama atau ketika cuaca yang sama.

5. Jangan mengabaikan objek yang biasa dilihat
Anda mungkin tidak melihat sesuatu yang menarik untuk di foto di ruang tamu atau di halaman belakang rumah Anda, tapi cobalah cari pada di sekitar Anda dengan sudut pandang yang lain. Anda bisa memotret cahaya dengan trik yang menarik atau memotret beberapa bunga-bunga liar yang Anda temukan di halaman belakang rumah. Seringkali objek yang sederhana menghasilkan foto yang menarik untuk dilihat.

6. Nikmati proses belajar fotografi
Bagian terbaik dari hobi yang dimiliki seperti fotografi adalah tidak pernah kehabisan bahan untuk belajar. Inspirasi fotografi adalah semua hal sekitar Anda. Lihatlah segala sesuatu dari kacamata fotografer dan Anda akan melihat kesempatan yang tidak pernah Anda perhatikan sebelumnya.

7. Ambil keuntungan dari sumber informasi gratis untuk belajar
Browsing melalui Flickr, forum fotografi, blog dan website tentang fotografi akan memberikan informasi, tips dan inspirasi untuk belajar fotografi secara gratis. Anda juga dapat Googling untuk mencari blog dan website yang menyediakan informasi tentang fotografi.

8. Bereksperimen dengan beberapa setting-an di kamera
Membaca buku manual kamera penting dilakukan untuk mengerti tentang simbol-simbol dan fitur-fitur yang terdapat pada kamera. Anda dapat bereksperimen memotret dengan beberapa setting-an untuk mempelajari efek yang ditimbulkan, setting-an tersebut dapat Anda pelajari kembali jika file foto sudah dipindahkan ke komputer (lihat di Details Properties file foto). 

9. Pelajari aturan dasar fotografi
Informasi online tentang fotografi mudah ditemui dengan browsing di internet, mulailah dengan beberapa artikel tentang komposisi objek foto. Anda dapat mempelajari nya juga melalui fotografer yang sudah berpengalaman tentang aturan dasar fotografi.

10. Memotret secara teratur
Cobalah memotret setiap hari atau buat jadwal memotret yang teratur untuk mempraktekkan ilmu fotografi yang telah dipelajari sehingga Anda tidak mudah melupakannya.

11. Jangan takut untuk bereksperimen. 
Jika Anda menggunakan kamera digital, biaya kesalahan memotret adalah gratis alias hasil foto Anda yang salah setting dapat dihapus. Jadi bereksperimen lah sebebas-bebasnya terhadap setting-an di kamera dan Anda pasti akan belajar banyak dalam proses tersebut.

10 comments:

bang huda said...

link udah beres bang.

o ya, klo berkenan followback blog ane ya gan...

Belajar Fotografi said...

Udah di followback gan..

info wisata dan travel said...

Wah, sharingnya mantap banget Om.. semoga berguna buat yang lain.. btw fotonya keren2. Salam kenal ..

Belajar Fotografi said...

Salam kenal juga Om..

adhit said...

isinya keren om,numpang nyimak ya :D

Syafri Rahman said...

tips yg keren :)

HariesDesign.com™ said...

tips bagus untuk pemula...,

Istilah-istilah dalam fotografi ada disini tipsntrick.net/artikel/umum/1349-mengenal-istilah-stilah-kata-dan-singkatan-dalam-fotografi

Anonymous said...

mau tanya nih.
seberapa jauh hasil foto dari kamera pocket kualitas top sama SLR yang sedang2 saja?

Belajar Fotografi said...

@Anonim Menurut saya hasil foto itu tergantung dari yang motret alias Man Behind the Camera, dengan kamera pocket pun bisa mendapatkan foto yang bagus jika yang motret tau cara mendapatkan foto yang bagus. So, hasil tidak tergantung jenis kamera, yang penting adalah teknik memotret yang bagus. Cuma dengan kamera DSLR kita bisa lebih banyak berkreasi jika dibandingkan dengan kamera pocket.

Dorrie said...

terima kasih mas bro atas tutorialnya. :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...