Tips Mendapatkan Foto Bokeh


Bokeh berasal dari bahasa Jepang boke (ボケ) yang berarti blur (kabur). Bokeh merupakan efek blur yang halus atau soft focus pada background ketika memotret suatu objek (fokus tajam pada objek utama sementara background nya blur atau menjadi kabur).

1 = Bukan foto bokeh
2 = Foto bokeh (background nya blur)
Contoh Foto Bokeh (Photo by Abidin M Faiz Nur)
Berikut tips untuk mendapatkan foto bokeh dengan kamera DSLR:
  • Pilih setting-an aperture yang terbesar dari lensa (angka f/x terkecil, semakin kecil angka f/x maka aperture semakin besar).
  • Perhatikan jarak antara kamera dengan objek foto. Semakin dekat jarak kamera dengan objek foto maka background nya semakin blur (bokeh).
  • Pilih focal length lengsa yang paling panjang. Dengan focal length terpanjang akan memisahkan objek foto dengan background nya. Contoh: saat Anda menggunakan lensa zoom 55-250mm, pilih focal length 250mm untuk mendapatkan bokeh yang lebih bagus.
  • Gunakan lensa prime (prime lens atau fixed lens). Lensa prime merupakan lensa dengan focal length tunggal alias lensa tanpa zoom yang dapat menghasilkan foto yang lebih tajam dan kualitas optik nya lebih bagus dari lensa zoom. Lensa prime biasanya mempunyai aperture yang lebih besar sehingga bagus digunakan untuk menghasilkan foto bokeh (misal: lensa 50mm f/1.8).



36 comments:

Anonymous said...

huhuuuuuuu gak punya kamera monyong mas :-( hiks

Anonymous said...

huhuuuuu gak punya kamera monyong mas :-(

Jual Oleh Oleh said...

Thanks banget infonya mas...
saya nubi banget soal foto2 an gini..
tips ini sangat membantu

heri said...

thanks infonya, mo tanya sebaiknya pke shutter lambat atau cepat ya??

rahmat said...

Pokoknya postingan ini mantap, membahas hoby memotret...
Nah, kalau ada yang butuh kameranya silahkan ke http://indonetwork.co.id/makmurjayaelektro/prod
murah banget gan...!

Sigit Herdianto said...

Baru tahu arti kata "Bokeh".ternyata artinya blur...

Anonymous said...

gak punya yang monyong . cuma camera poket doang :(

arif said...

gak punya yang monyong giitu,,, cua camera poket duank :(

Unknown said...

Kalo pake finepix s2980 gimana seting manual nya gan ? Thx

Unknown said...

keren ini bang.
tapi aku pake kamera ponsel :(

ditunggu kunjungannya ke
http://www.kh-olid.blogspot.com/
ya...

Irfan Hikari said...

Makasih tipsnya berguna banget

Irfan Hikari said...

mantap tipsnya

ikki jadul said...

tutorial nya menaik gan, Salam kenal :)

Unknown said...

Good ,tnks info nya sukses stelah dicoba :)

Galih Jati said...

mantap tips bokehnya, saya coba dulu pakai kamera film, mumpung lensanya fix 50mm

17:29 said...

thanks mas buat infonya

my blog : www.meinbar.blogspot.com

Anonymous said...

siip buanget, nikkor 1.4 ais analog cocok untuk bokeh, tapi masih kepengin buanget yang 1.2 analog

kang dadunk said...

mantaap info nya
makasih,,,
DADUNK PHOTOGRAPHY

Moegie Blog said...

ijin share boss in my facebook...

Unknown said...

Keren masbro :D
Mohon Kunbal nya yah :D

http://graynation-2.blogspot.com/2014/01/light-trails-photography-with-smartfren.html

eko said...

Mas Bro, sy suka lihat lihat photo, dan sy pengen belajar photo, mungkin saya akan sering ke blog ini.
tks

Unknown said...

wih keren ya :) ternyata bokeh itu bukan selain effect buat editor aja ya #editor . Bokeh juga bisa dibikin sendiri dengan kamera yang canggih :) Amazing :)

Tas Kamera Murah said...

Mantap gan tutorialnya...
Sangat membantu sekali untuk saya..
Masih harus belajar banyak saya dari astikel-artikel disini...

Ahmad Dahlan said...

asik,.. infonya

Sekolah Fotografi said...

makasih infonya mas...
sangat membantu untuk seorang newbie seperti saya ini....

wedding photographer indonesia said...

sangat bermanfaat nih tipsnya buat belajar fotografi fotografer Indonesia. makasiiih :)

yuna art said...

Tips bagus tuh,,aku juga hobi foto-foto bokeh/blur.. liat halamanku juga,,,

Alienco Photo said...

Info yang menarik, Terimakasih atas ilmunya.

Alienco Photo said...

Ilmu yang menarik, Terimakasih atas infonya

Kaligrafi Art said...

Kalo pake kamera prosumer gimana gan?

Unknown said...

Primaimaging kembali mengadakan Event Food Photography di the valley Bandung, Bersama Ivan Khoe & Victor, dengan Materi Still life and high speed | Composition | Coloring | Highlight and shadow.
Informasi pendaftaran bisa menghubungi :
Phone : 0216343127 / 081219620807 Maylina
Whatsapp : 08981586923
Bbm : 541F9686
https://www.facebook.com/notes/prima-imaging/hi-speed-food-photography/10153736637858561
www.primaimaging.com

Unknown said...

infonya menarik dan keren abis mas bro..
ini nih aku juga ada tips cara membuat website

Trio Elektronik Pekanbaru said...

mas...
mau tanya...
saya pemula mengggunakan DSLR nikon D3300...Lensa bawaan nyakan AF-Nikkor 18-55mm ..jika saya mau beli lensa yang bagus yang seperti apa...tp harga standart...mkasih..

toyota astra said...

apakah ada teknik khusus gan untuk poto ini gan

Unknown said...

Luar biasa mas jimmy, tips untuk mendapatkan bokeh ini menjadi referensi yang bagus untuk tulisan saya agar pembaca bisa mendapatkan ilmu tambahan dari sini.

Artikel yang saya tulis terkait "Diafragma kamera" alias aperture yang kita tahu erat kaitannya dengan Bokeh itu sendiri, saya menambahkan link ke artikel ini agar rujukan artikel makin luas.

Terimakasih sudah membantu saya dalam menambahkan referensi mas! :) salam blogging

__________________________________________________________________________________

http://www.tentangfotografi.com/diafragma-kamera/

Unknown said...

Luar biasa mas jimmy, tips untuk mendapatkan bokeh ini menjadi referensi yang bagus untuk tulisan saya agar pembaca bisa mendapatkan ilmu tambahan dari sini.

Artikel yang saya tulis terkait "Diafragma kamera" alias aperture yang kita tahu erat kaitannya dengan Bokeh itu sendiri, saya menambahkan link ke artikel ini agar rujukan artikel makin luas.

Terimakasih sudah membantu saya dalam menambahkan referensi mas! :) salam blogging

__________________________________________________________________________________

http://www.tentangfotografi.com/diafragma-kamera/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...