5 Element Untuk Foto Yang Menakjubkan


Setiap orang yang memiliki kamera pastinya ingin menghasilkan foto yang menakjubkan sehingga orang lain akan berkomentar “Wow, foto yang luar biasa!”, tetapi hanya sedikit yang mendapat pengakuan atau komentar seperti itu.
Kenapa? Mungkin karena tidak banyak dari fotografer yang tahu bagaimana menghasilkan foto yang menakjubkan dan luar biasa.

So, marilah kita coba untuk melihat 5 elemen yang membuat foto menjadi menakjubkan:

1. Foto yang menakjubkan adalah foto yang mempunyai komposisi yang baik.

Pada artikel sebelumnya telah dibahas tentang komposisi dan elemen-elemennya, selain itu Anda dapat juga mempelajari tentang komposisi foto melalui buku, e-book atau website yang membahas tentang fotografi. Berikut adalah hal-hal sederhana yang perlu diingat tentang komposisi yang baik:

Mengambil foto lebih dekat ke objek. Foto embun di kelopak bunga mawar lebih menakjubkan untuk dilihat dibandingkan dengan foto bunga mawar dari kejauhan yang bisa mengaburkan point of interest (objek yang menjadi pusat perhatian) sebuah foto. 

Bingkai objek foto Anda. Jika Anda memotret pemandangan, coba manfaatkan ranting pohon sebagai foreground (latar depan) yang dapat membingkai foto Anda, bingkai ini tidak harus fokus dengan sempurna. Anda juga dapat melakukan pembingkaian dengan efektif jika memotret manusia. Foto sekumpulan anak-anak dapat dibingkai dengan menggunakan ban sebagai foreground. Kuncinya adalah, coba lebih kreatif dalam pembingkaian dengan memanfaatkan benda yang ada disekitar Anda.
Photo by Junichiro Aoyama
Gunakan rule of third. Bayangkan Anda membuat 2 garis horizontal dan 2 garis vertical hingga membagi area yang akan di foto menjadi 9 bagian yang sama besar kemudian tempatkan objek yang menjadi pusat perhatian di titik perpotongan garis horizontal dan vertical. Coba gunakan prinsip ini dalam mengambil foto, Anda akan mendapatkan hasil foto yang lebih menakjubkan.

Jika Anda memotret pemandangan, coba cari bentuk kurva “S” untuk dimasukkan ke dalam foto seperti aliran sungai yang berkelok atau jalan yang berkelok, selain itu Anda juga dapat memasukkan kurva yang terbentuk oleh bunga atau tanaman lainnya. Bentuk kurva pada foto lebih menarik untuk dilihat dari pada bentuk yang lurus-lurus saja.

Gunakan diagonal. Penggunaan elemen diagonal pada foto akan menarik mata menuju objek yang akan ditonjolkan sehingga foto terlihat lebih menakjubkan untuk dilihat.  


2. Foto yang menakjubkan adalah foto yang mempunyai eksposure yang tepat.

Foto dengan eksposure yang jelek takkan pernah menghasilkan foto yang menakjubkan. Meskipun dilakukan proses editing sedemikian rupa dengan software khusus tetap saja tidak akan menghasilkan foto yang lebih baik jika dibandingkan dengan foto yang mempunyai eksposure yang tepat. So, hindari foto yang under exposed atau over exposed.


3. Foto yang menakjubkan adalah foto yang bisa menggugah perasaan.

Sebuah foto yang bagus bisa membangkitkan emosi, Anda akan mengalami perasaan ngeri jika melihat foto perang atau tertawa senang melihat foto anak kecil yang lucu, foto yang bagus seharusnya bisa membangkit suatu perasaan yang kuat terhadap pemirsa. Jadi sebelum Anda memencet tombol Shutter, tanyakan pada diri Anda emosi apa yang ingin Anda bangkitkan melalui foto Anda.
Photo by Mike Wells

4. Foto yang menakjubkan adalah foto yang bisa menceritakan sebuah cerita.

Ini mungkin agak sulit untuk percaya pada awalnya, tetapi sebuah foto yang baik selalu menceritakan sebuah cerita. Jika itu sebuah foto seseorang, foto yang baik adalah tentang "siapa" orang itu. Jika sebuah foto pemandangan bercerita tentang suatu daerah, sebisa mungkin foto tersebut menunjukkan ke pemirsa tentang keadaan daerah tersebut, apakah daerah tersebut daerah yang sunyi di musim dingin atau daerah yang ramai dengan aktivitas di musim semi. Hal ini sama seperti perasaan apa yang Anda ingin bangkitkan melalui foto, foto yang menakjubkan juga bisa menceritakan cerita yang ingin Anda sampaikan.
Photo by Timothy H. O'Sullivan

5.  Foto yang menakjubkan adalah foto yang “berkata” sesuatu tentang kehidupan.

Foto-foto kenangan memberitahu sesuatu kepada pemirsa lebih dari sekedar apa yang terlihat pada foto tersebut. Kita semua banyak melihat foto-foto hewan lucu yang memiliki daya tarik yang sangat besar karena mereka seolah-olah “memberitahu” pemirsa bahwa mereka penuh kegembiraan dan kepolosan ketika bermain-main. Gunakan foto Anda untuk berkomunikasi tentang hal yang Anda ketahui tentang kehidupan nyata kepada pemirsa foto Anda.
Photo by Kevin Carter


Jika Anda menggunakan salah satu dari lima elemen diatas, setidaknya foto Anda mendapatkan pengakuan bahwa foto Anda adalah foto yang bagus. Semakin banyak elemen diatas yang Anda gunakan maka Anda semakin dekat dengan pengkuan “Wow, foto yang luar biasa!” dari pemirsa foto. Gunakan ke lima elemen tersebut untuk mendapatkan foto yang menjadi masterpiece Anda.

14 comments:

Samsul Yogya said...

Ijin Link Gan.

Admin said...

@Samsul Yogya Monggo mas...

Nagarie wijianto said...

Mantabz.... Mas. Matur nwn

Bad JO said...

izin ngelink jg gan
artikelnya sangat menarik untuk inspirasi saya yang lagi belajar foto2 otodidak

Bad JO said...

izin ngelink jg gan
artikelnya sangat menarik untuk inspirasi saya yang lagi belajar foto2 otodidak

Bad JO said...

izin ngelink jg gan
artikelnya sangat menarik untuk inspirasi saya yang lagi belajar foto2 otodidak

bayu said...

infonya ok gan...skalian ijin link juga...makasih

bayu said...

menarik gan..foto yg di pajang bagus..ijin link skalian...makasih

Barja Lagawa said...

makasih mas tutorialnya, mohon ijin untuk ngelink di FB saya... :thumbs

Anonymous said...

Terima kasih mas atlas sharing ilmunya. TOP BGT. IJin ngelink ya mas...terima kasih

evendy sulaiman said...

Ijin link gan...

folkz said...

wah kapan2 blog saya juga bakal bahas photografi sampe tingkat perasaanya nih. good artikel mas.

ira tauchid said...

ijin copy paste utk document pribadi. lg belajar n mengenal photography.

Frame-Art Photography said...

makasih infonya gan...., sangat bermanfaat untuk pemula seperti saya.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...