Lensa Fixed vs Lensa Zoom, Mana Yang Lebih Baik?

 Fixed Lens vs Zoom Lens, Which One is Better
Pertanyaan yang sering dihadapi ketika membeli lensa adalah – Apakah Saya harus membeli lensa zoom atau membeli beberapa lensa fixed (lensa prime atau lensa dengan focal length tetap)? Fotografer yang sudah berpengalaman akan cenderung memilih lensa fixed dari pada lensa zoom. Majalah-majalah fotografi pun sering menyarankan untuk memanfaatkan ketajaman dari lensa fixed dari pada memanfaatkan fleksibilitas lensa zoom.
Sebelum melihat keuntungan dan kerugian masing-masing lensa, pertama harus mengerti dulu apa itu lensa zoom dan lensa fixed.
Apa itu lensa zoom?

Fixed Lens vs Zoom Lens, Which One is Better 
Lensa zoom adalah lensa yang memiliki ring pengatur zoom sehingga lebih mudah untuk mendapatkan pembesaran objek tanpa Anda harus bergerak maju mundur untuk mendapatkan pembesaran objek yang diinginkan. Jika nama sebuah lensa memiliki dua range angka dalam mm berarti lensa tersebut adalah lensa zoom. Contoh: Lensa Canon EF-S 17-85mm f/4-5.6 IS USM, panjang fokusnya dapat diatur dari 17mm ke 85mm.

Apa itu lensa fixed (lensa prime)?

Fixed Lens vs Zoom Lens, Which One is Better 
Sebuah lensa prime (focal length tetap) di set pada satu nilai mm focal length saja. Dengan kata lain, focal length nya tidak bisa diubah. Jika Anda ingin mendapatkan pembesaran objek tertentu, Anda harus bergerak maju atau mundur. Misalnya, lensa Nikon AF-S VR Micro-Nikkor 105mm f/2.8G IF-ED adalah lensa prime karena memiliki panjang fokus tetap 105mm.

Perbedaan yang lain antara lensa zoom dan lensa fixed
- Lensa fixed menghasilkan foto yang lebih tajam dari pada lensa zoom karena optik yang digunakan lebih sedikit dan designya optik nya tidak rumit. Oleh karena itu masuk akal juga jika lensa zoom 17 – 85mm dibuat lebih susah dari pada membuat sebuah lensa fixed 105mm.
- Meskipun lensa zoom tidak setajam lensa fixed, tapi untuk harga umumnya lebih murah.
- Seperti dijelaskan sebelumnya, lensa fixed mengharuskan fotografer untuk bergerak lebih dekat atau lebih jauh dari objek untuk mendapatkan jarak fokus yang diinginkan atau untuk mendapatkan luas cakupan objek yang akan diambil. Untuk fotografer pemula atau amatir tentunya hal ini tidak menyenangkan untuk itu mereka lebih memilih lensa zoom
Jadi, apakah Anda akan membeli lensa fixed atau lensa zoom?
Namun pada kondisi tertentu ada kalanya bergerak lebih dekat atau lebih jauh dari objek tidak memungkinan. Misalnya jika Anda berada di kebun binatang, penggunaan lensa fixed tentu akan sia-sia. Untuk kondisi seperti ini, lensa zoom akan lebih menguntungkan.

4 comments:

Arrah Yuruta said...

wahhh... reviewnya keren nih... ini yang lagi dicari.. mungkin nanti bisa dibahas lebih dalam lagi biar lebih dapat ilmunya..

Anonymous said...

makasih.... sangat bermanfaat.

Aila said...

Infonya sangat bermanfaat sekali.. Khususnya pengetahuan untuk
[URL=http://www.pricepanda.co.id/cameras/lensa/]lensa[/URL]

untuk lihat-lihat lensa nya bs di lihat di cini http://www.pricepanda.co.id/cameras/lensa/

Anonymous said...

sangat bermanfaat makasih gan..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...