Lensa Terbaik Yang Wajib Anda Miliki: Lensa 50mm

Best DSLR Lens - 50mm Lens 
Lensa dengan focal length 50mm sangat populer dikalangan fotografer karena area pandang dalam fokusnya kurang lebih sama dengan apa yang Anda lihat dengan mata anda sendiri. Tidak ada distorsi (hasil foto melengkung akibat akibat kelengkungan lensa) seperti lensa ultra wide dan tidak ada kompresi seperti lensa tele. Karena itu, lensa 50mm boleh dikatakan sebagai lensa yang “jujur” J alias gambar yang dihasilkan melalui lensa tersebut terlihat sama dengan apa yang dilihat oleh mata.   

Ketika membeli kamera DSLR, kebanyakan para fotografer pemula akan memotret dengan lensa kit atau lensa standar bawaannya hingga mereka akan menyadari bahwa betapa bergunanya lensa 50mm yang memiliki aperture yang lebar untuk menghasilkan foto yang menakjubkan, oleh karena itu lensa 50mm adalah salah satu lensa yang wajib dimiliki oleh fotografer.
Berikut adalah alasan-alasan mengapa setiap fotografer harus memiliki lensa 50mm:
1. Area pandang lensa hampir sama dengan area pandang mata
Hampir semua lensa menghasilkan beberapa bentuk distorsi pada foto, berbeda dengan lensa 50mm yang meminimalkan distorsi dan menghasilkan foto yang hasilnya hampir sama dengan apa yang dilihat oleh mata, lensa 50mm meniru area pandang mata manusia dan akan diterjemahkan ke dalam foto Anda. Inilah alasan mengapa sebagian orang menyebutnya sebalagi disebut “lensa normal". Bila dikombinasikan dengan teknik fotografi yang baik, Anda dapat menghasilkan foto yang seolah-olah nyata dengan aktual saat Anda memotret.
2. Optik lensa lebih bagus
Pada dasarnya, fotografer mempunyai banyak hal menjadi pertimbangan ketika memilih lensa termasuk tetapi tidak terbatas pada; kecepatan, optik, dan harga. Optik dari lensa 50mm sering kali jauh lebih baik daripada lensa zoom dengan harga yang sama. Prime lens (lensa tanpa zoom, hanya memiliki 1 focal length) memiliki bagian-bagian yang bergerak lebih sedikit dari lensa zoom sehingga produsen lensa dapat menggunakan optik yang lebih baik (gambar yang lebih tajam) dan menawarkan harga lebih rendah.
3. Lensa 50mm cukup murah
Beberapa lensa 50mm memiliki harga yang cukup murah seperti harga untuk sebuah lensa Canon 50mm f1.8 yang berkisar pada harga 800 ribu-an (rupiah, cek harga). Jika Anda ingin lensa dengan kualitas setingkat lebih tinggi, Anda harus mengeluarkan jutaan rupiah lagi untuk mendapatkannya. Lensa yang sangat dicari adalah lensa Panasonic/Leica 25mm f1.4 yang harganya berkisar 8 juta-an rupiah. Pada umumnya aperture lensa yang dibutuhkan adalah sekitar f1.8, jadi Canon 50mm f1.8 pas buat Anda yang memiliki budget terbatas tetapi ingin menghasilkan foto yang menakjubkan.

Beberapa foto yang menakjubkan dengan menggunakan lensa 50mm:
12/30

Cold water

Ch√Ęteau Lafon-Rochet

In the arms of the night

when the music fades

God of This City

7 comments:

iphey said...

Lensa yang dimaksud lensa fix atau lensa zoom ya.. tq

Admin said...

@iphey Lensa fix gan.

Qinoy said...

@Adminkalo pakai fix yang 85mm gimana gan?

faj_ay said...

kalo yang 50/1.4 itu gmna, sering disebut pancake,ane hooh aja padahal ga mudeng.bisa bntu jelasin Om..thx

A.J 1303 said...

@faj_jay: canon 50mmf1.4 itu hampir sm dgn 50mmf1.8 cm f atau aperturnya bs digeser smpe f1.4 so hasil fotonya lebih maknyus lg bokehnya..
Lensa pancake itu adalah lensa 40mmf2.8.. Dua2nya lensa fix favorit saya

Hipron said...

Saya menggunakan camera dgn crop factor 1.5 sebaiknya saya memilih lensa 35mm atau 50mm? Tks

Anonymous said...

gak salah info om ??

bukan nya 50mm itu masih distorsi tipis ya ?? baru 85mm yang g ada distorsi
coba deh buffer video di youtube, ato baca artikel artikel lain,.,., 50mm itu masih ada distorsi tipis

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...