Pertimbangan Sebelum Membeli Kamera Digital

Sebelum membeli kamera digital baik kamera poin-and-shoot (kamera saku), kamera prosumer atau kamera DSLR harus mempertimbangkan banyak hal, karena pada saat ini dipasaran banyak bermunculan beragam kamera digital yang kadang-kadang spesifikasinya beda tipis saja, untuk itu perlu diperhatikan beberapa hal yang menjadi pertimbangan agar mendapatkan kamera sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan sekaligus mendapatkan harga yang menarik.

Membeli Kamera Digital Untuk Apa?

Hal pertama yang harus diketahui adalah alasan kenapa ingin membeli kamera digital karena berhubungan erat dengan budget atau biaya yang dibutuhkan.
  • Jika membutuhkan kamera hanya untuk mengambil foto seadanya dalam arti untuk kegiatan sehari-hari tanpa mempertimbangkan kualitas, kamera point-and-shoot (kamera saku) adalah pilihan yang tepat. Selain mudah untuk dibawa kemana-mana, kamera point-and-shoot juga tidak membebani kantong karena harganya cukup terjangkau dengan kualitas hasil foto yang lumayan.
  • Jika ingin belajar menekuni hobi fotografi tapi tidak mau repot dalam membawa kamera, kamera prosumer adalah solusinya. Kemampuannya hampir menyamai kamera DSLR dalam pengaturan secara manual dan ukurannya lebih kecil sehingga cukup mudah untuk dibawa-bawa.
  • Jika membutuhkan hasil foto yang berkualitas layaknya profesional, kamera DSLR adalah yang paling cocok untuk dibeli. Dengan kamera DSLR Anda bisa membuat pilihan pengaturan kamera sesuai dengan kemauan Anda, bisa menciptakan sebuah hasil foto yang benar-benar berkualitas karena DSLR memang diciptakan untuk kondisi “kesempurnaan”. Sayangnya untuk memiliki sebuah DSLR dibutuhkan dana yang lebih banyak, selain itu dibutuhkan juga aksesoris tambahan untuk menghasilkan foto yang lebih berkualitas seperti lensa, flash eksternal, filter, dll.

Melihat Spesifikasi Dalam Membeli Kamera Digital

Hal berikutnya yang menjadi pertimbangan adalah adalah spesifikasi dari kamera digital yang akan di beli. Usahakan dengan dana yang tersedia bisa membeli kamera digital dengan spesifikasi yang maksimal.

1. Sesuaikan dengan kebutuhan Megapixel
Kebanyakan calon pembeli kamera digital tidak mengerti sampai sebesar apa megapixel yang dibutuhkan. Biasanya, semakin besar megapixel dari sebuah kamera, harganya juga akan semakin mahal, namun untuk kualitas gambar, megapixel yang besar tidak menjamin kualitas yang baik karena megapixel hanya berhubungan erat dengan hasil cetakan foto pada resolusi 240ppi. Jika membeli kamera setidaknya 3-5 megapixel maka memungkinkan Anda untuk membuat foto dengan ukuran 4x6 hingga 8x10. Jika kamera digunakan untuk fotografi profesional, setidaknya dibutuhkan kamera dengan resolusi 8 megapixel yang menghasilkan foto dua sampai tiga kali lebih besar daripada kamera 3 megapixel.

2. Perhatikan Battery Dan Chargernya
Jika kamera digital menggunakan battery Lithium, penggunaannya tidak terlalu membutuhkan banyak perhatian, cukup di charge dan pakai lagi. Untuk beberapa kamera yang menggunakan battery jenis AA, Anda bisa memilih menggunakan battery Alkaline, atau battery yang bisa diisi ulang. Akan tetapi disarankan untuk menggunakan battery jenis isi ulang dibandingkan jenis Alkaline, memang harga battery isi ulang sedikit lebih mahal dibandingkan Alkaline, tetapi kemampuanya dipakai beberapa kali (diisi ulang bisa sampai 500x pemakaian normal), maka harga battery ini akan menjadi jauh lebih murah.

3. Optical Zoom Vs Digital Zoom
Untuk kebutuhan zoom usahakan mendapatkan kamera dengan minimal 2x optical zoom. Sebagian besar kamera digital mempunyai fasilitas optical zoom, dan ini sangat berguna buat kepentingan kita mengabil gambar untuk jarak yang agak jauh dari tempat kita. Jangan terkecoh dengan digital zoom, rata-rata kamera digital semuanya mempunyai fasilitas digital zoom, namun hasil perbesaran dengan digital zoom akan mengakibatkan hasil foto kita jadi pecah dan tidak jelas. Sebaiknya apabila tidak terpaksa, usahakan untuk selalu menghindari pemakaian digital zoom. Digital zoom dapat juga di lakukan dengan software di PC.

4. Fasilitas Bantuan Untuk Low-Light
Pada kondisi cahaya yang tidak terang, biasanya kamera akan kesulitan mendapatkan fokus sebelum memotret objek tersebut. Oleh karena itu, beberapa kamera digital dilengkapi dengan lampu bantuan (bentuknya bermacam-macam) yang berfungsi untuk membantu pengambilan foto pada tempat yang kurang cahaya. Ini sangat penting terutama pada pengambilan foto di dalam ruangan.

5. Perhatikan Memory Storagenya
Beberapa kamera mempunyai memory internal didalamnya, tetapi biasanya kapasitasnya tidak terlalu besar. Oleh sebab itu, kita harus memastikan bahwa kamera digital kita dilengkapi dengan port untuk memory external, sehingga kita dapat memberikan tambahan memory sesuai dngan kebutuhan kita. Ada berbagai macam jenis memory yang dapat dipakai pada kamera digital, jenis dan bentuknya biasanya disesuaikan dengan jenis kamera digital tersebut. Harganya bervariasi, namun semakin besar kapasitasnya, maka harganya akan semakin mahal juga. Internal memory yang ada pada kamera digital bisa anda abaikan bila kamera digital tersebut tidak memiliki fasilitas tersebut.

6. Fitur Tambahan
Banyak kamera digital yang dilengkapi dengan fitur tambahan, salah satunya yang selalu ada adalah kemampuan untuk merekam gambar bergerak (video). Pada kamera digital, fitur ini hanyalah sebagai tambahan saja dan kemampuannya sangat terbatas. Harap anda tidak menentukan keputusan membeli kamera digital dari kemampuan kamera tersebut untuk merekam video. Hasil rekaman video dari kamera digital tidak akan bisa maksimal, kamera digital didesign untuk menghasilakan foto diam secara maksimum. Jika anda lebih berniat merekam video, sebaiknya dipertimbangkan untuk membeli handycam atau alat sejenis yang memang dibuat untuk merekam video.

7. Cari Tahu Informasi Sebanyak-Banyaknya
Ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu kemampuan, spesifikasi, dan kekurangan dari kamera yang anda taksir untuk dibeli itu. Bertanya kepada pakar, atau orang yang sudah pernah menggunakan akan sangat membantu kita untuk menentukan apakah kamera tersebut layak untuk dibeli. Beberapa website di internet banyak memberikan review tentang kamera digital, mulai dari yang mengulas secara global sampai direview sedetail-detailnya. Tempat diskusi di Internet juga sangat dianjurkan untuk dijadikan referensi sebelum membeli kamera digital.

8. Bandingkan harga
Jangan hanya terpikat pada satu toko saja, kalau ada waktu luang tidak ada salahnya Anda melakukan riset kecil-kecilan sebelum membeli. Keuntungan yang berbeda menjadi sumber mengapa harga yang Anda temui di toko yang satu tidak sama dengan yang lain. 
 
9. Cobalah Kamera Tersebut Sebelum Membeli
Kamera digital hampir sama dengan digital media lainnya, biasanya dilengkapi dengan menu dan tombol-tombol pengontrol untuk disesuaikan dengan keperluan kita. Beberapa amera memiliki perintah yang mudah dimengerti dibanding jenis lainnya. Perbandingan mudah atau susah dapat anda simpulkan jika anda sudah mencobanya. Juga perhatikan time delay dari mulai kita tekan tombol shoot sampai gambar selesai diambil (shutter lag), kamera tertentu ada yang delaynya sangat lama, tetapi ini juga berpengaruh dari kondisi ruang dan cahaya tempat kita mencoba kamera tersebut. Coba juga lensa zoomnya (optical zoom), apakah dapat digunakan dengan mudah dan cepat. Ketahuilah juga berapa lama waktu yang harus ditunggu dari mulai menghidupkan kamera sampai kamera siap untuk digunakan. Jangan lupa mencoba LCD dan viewfindernya.

10. Sesuaikan Kebutuhan Dan Isi Kantong Anda
Untuk apakah anda membeli kamera digital? Apakah sebagai sarana pelengkap pekerjaan Anda, untuk sekedar dokumentasi sekedarnya, sebagai “senjata” pekerjaan Anda (wartawan,photograper,designer), atau untuk keperluan lain. Dengan mengetahui tingkat keperluan Anda kemudian disesuaikan dengan dana yang tersedia, tentu akan mempermudah pertimbangan kita untuk membeli sebuah kamera digital.

3 comments:

Roy Rumondor said...

terima kasih ya, dengan adanya blog ini saya sangat terbantu akan pandangan tentang pentingnya membeli kamera dslr

Roy Rumondor said...

makasih yah...
sangat membantu

Obat Pelangsing Herbal Alami said...

Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua2

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...